Pendahuluan
Biasanya apabila kita melakukan operasi matematika, maka kita sering memakai tipe data primitive seperti int, double, byte, long, dll.
Tapi adakalanya, ketika kita men-develop suatu program kita lebih membutuhkan object daripada primitive. Untungnya, Java telah menyediakan wrapper class untuk tipe data primitive tersebut.
Semua wrapper class (Integer, Double, Short, Byte, Float, Long) merupakan kelas turunan dari kelas abstract Number.
Auto Box dan Unbox
Sebelum Java 1.5, biasanya kita melakukan hal di bawah ini untuk mengubah tipe data primitif ke wrapper nya.int i = 5;
Integer myInt = new Integer(i);
Tetapi pada Java 1.5, kita dipermudah dengan adanya fasilitas Auto Boxing, seperti di bawah ini:
int i = 5;
Integer myInt = i;
Method di Kelas Number
Dibawah ini adalah method-method yang sering di gunakan pada class Number:- valueOf() Mengembalikan objek Number yang sesuai untuk menyimpan nilai dari parameter yang dilempar.
- parseInt() Mengembalikan nilai tipe data primitive dari sebuah String.
- abs() digunakan untuk menghitung nilai mutlak dari suatu bilangan. Jika bilangan itu negatif, otomatis menjadi positif.
- ceil()
- compareTo()
- xxxValue()
- toString()
- floor()
- round()
- max()
- min()
- exp()
- log()
- pow()
- sin()
- cos()
- tan()
- asin()
- acos()
- atan()
- sqrt()
- toDegrees()
- toRadians()
- random() Digunakan untuk menghasilkan bilangan random.
0 comments:
Post a Comment