Pendahuluan
Java merupakan pure Object Oriented Programming (OOP). Karena itu, Java support karakteristik dari konsep OOP yaitu:
- Object
- Classes
- Method
- Package
- Inheritance (Pewarisan)
- Polimorfisme
- Enkapsulasi
- Abstraksi
- Object
- Class
Object
Cobalah kita lihat di dunia ini, banyak sekali jumlah objek yang tidak bisa kita hitung. Contohnya, manusia, sepeda, anjing, gunung, dll.Setiap object pasti mempunyai state/property dan tingkah laku/behaviour/method.
Contoh :
- Mahasiswa mempunyai state seperti nama, jenis kelamin, warna, dll.
- Mahasiswa mempunyai tingkah laku seperti belajar, isi krs, berkenalan, dll.
Begitu juga dalam dunia Software Engineering, Software object juga mirip dengan objek di dunia nyata yaitu sama-sama mempunya state/keadaan dan behaviour/tingkah laku. Software mempunyai state seperti variable/property, dan mempunyai behaviour seperti function/method.
Contoh :
- Text Box mempunyai state seperti length, width
- Text Box mempunyai tingkah laku seperti onFocus, onRelease, dll.
Untuk komunikasi antar objek menggunakan pesan/messaging yaitu melalui method.
Class
Class merupakan template/ blue print dari state atau behaviour suatu object.Di bawah ini adalah contoh deklarasi kelas di Java:
public class Manusia(){
private String nama;
private String jenisKelamin;
public String getNama(){
return nama;
}
public void setNama(String nama){
this.nama = nama;
}
public String getJenisKelamin(){
return jenisKelamin;
}
public String setJenisKelamin(String jenisKelamin){
this.jenisKelamin = jenisKelamin;
}
public Manusia(String nama, String jenisKelamin){
this.nama = nama;
this.jenisKelamin = jenisKelamin;
}
public void makan(){
System.out.println("Sedang makan");
}
public void bekerja(){
System.out.println("Sedang bekerja");
}
public void belajar(){
System.out.println("Sedang belajar");
}
}
Constructor
Constructor mirip sebuah method, tetapi mempunyai nama yang sama dengan kelas tersebut. Setiap kelas pasti mempunyai constructor. Ketika kita membuat kelas tidak menyertakan konstruktor, maka secara otomatis compiler akan membuatkan construtor buat kelas tersebut.Contoh :
public class Bunga(){
public Bunga(String name){
// ini sebuah constructor mempunyai parameter yaitu name.
}
}
Membuat Object
Untuk membuat objek dari kelas yang kita buat, kita memerlukan keyword new.Contoh:
public class Bunga(){
public Bunga(String name){
// ini sebuah constructor mempunyai parameter yaitu name.
}
public static void main(String[] args){
Bungan melati = new Bunga("Melati");
}
}
Mengakses Variable Instance dan Method
Untuk mengakses Variable Instance, caranya:objectReferensi.namaVariable;
Untuk mengakses Method, caranya:
objectReferensi.namaMethod;
Contoh :
public class Bunga(){
private String warna;
public String getWarna(){
return warna;
}
public void setWarna(String warna){
this.warna = warna;
}
public Bunga(String name){
// ini sebuah constructor mempunyai parameter yaitu name.
}
public static void main(String[] args){
// pembuatan objek
Bungan melati = new Bunga("Melati");
// mengakses method untuk memberi warna objek melati
melati.setWarna("putih");
// mengakses method lain untuk mendapat warna objek melati
System.out.println(melati.getWarna());
// mengakses variable
System.out.println("Variable "+melati.warna);
}
}
mantab pa'de.........
ReplyDeleteMatur nuwun mas..hehehe. cuma sekedar catatan training di kantor..hahaha
Delete